Sintaks Program PHP

PHP adalah bahasa yang dirancang untuk mudah diletakkan didalam kode HTML. Banyak dijumpai kode PHP yang menyatu dengan kode HTML. Kode PHP diawali dengan tag <?php dan diakhiri dengan tag >?. Apabila kita melakukan konfigurasi terhadap file php.ini  untuk mengizinkan penggunaan tag pendek (short tag) dengan mengubah nilai short_open_tag menjadi On, maka tag tersebut dapat diganti dengan <? dan ?>. dalam PHP 5, nilai default dari short_open_tag adalah off. Selain itu, PHP kita juga dapat menggunakan tag gaya ASP, <% dan %>, dengan mengubah nilai asp_tags dalam file php.ini menjadi On.  Dalam modul ini, kita akan tetap menggunakan tag <?php dan ?> untuk menulis kode PHP.
Berikut contoh kode PHP yang paling sederhana.
<?php
Echo “Hello World”;
?>
Perintah echo didalam PHP berguna untuk mencetak nilai, baik teks maupun numerik kelayar web browser. Selain echo, kita juga dapat menggunakan print, sehingga kode diatas juga dapat ditulis seperti berikut.
<?php
Print “Hello World”;
?>
Echo dan print juga memiliki bentuk penulisan yang lain, seperti layaknya pemanggilan fungsi. Berikut ini bentuk lain tersebut.
<?php
echo (“Hello World”);      //mencetak teks “Hello World”
echo (1);                  //mencetak angka 1
print (“Hello World”);     //mencetak teks “Hello World”
print (100);               //mencetak angka 100
?>
Setiap perintah atau statemen didalam kode PHP harus diakhiri dengan tanda titik koma atau semicolon (;).
Hasil yang akan diberikan oleh kedua kode diatas adalah sama. Meskipun demikian, penggunaan echo lebih banyak digemari oelh para programmer web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *