Cara menggunakan Torrent

Tutorial ini ditujukan untuk yang belum tahu cara menggunakan, bagi yang sudah tahu, tidak usah dilanjutkan membacanya.
Torrent merupakan sebuah aplikasi kecil yang berguna untuk mendownload file berukuran mulai dari kecil hingga berukuran raksasa. Keuntungan menggunakan torrent adalah apabila kita akan mendownload file besar, kita bisa meresume atau melanjutkan lagi download-an tersebut walaupun komputer kita matikan.
  1. Oke langsung saja, pertama yaitu kita membutuhkan aplikasi torrent tersebut. Ada dua aplikasi yang populer, yaitu uTorrent dan BitTorrent. Kalian silahkan tinggal pilih mana yang kalian suka, keduanya sama saja, tidak ada bedanya.
    Download aplikasi tersebut dan install.
  2. Setelah sudah didownload dan install, maka langkah selanjutnya adalah mencari file yang akan kita download. Disini saya menggunaka BitTorrent sebagai contoh. Untuk mendapatkan file torrent dari file yang akan kita download, ada beberapa situs populer yang telah menyediakannya. Berikut ini situs tersebut:
    Sedangkan yang sering saya gunakan adalah thepiratebay dan kat.ph.
  3. Kali ini saya akan menggunakan kat.ph sebagai contoh. Buka kat.ph terlebih dahulu, lalu ketikkan di kolom pencarian file yang kita cari, sebagai contoh saya akan mencari file Film “Harry Potter and the Sorcerer’s Stone”. 
    Klik untuk perbesar
  4. Setelah itu klik enter dan disitu banyak pilihannya. Nah, saya sarankan agar kalian memilih “Seed” dan “Leech” -nya yang paling banyak. Karena semakin banyak, maka kecepatan downloadnya juga semakin cepat. Saya akan memilih yang nomer satu.
    Klik untuk perbesar gambar
  5. Sekarang klik tombol “Download Torrent” yang ada di bagian ujung kiri atas.
    Klik untuk perbesar gambar
  6. Setelah file torrentnya berhasil didownload. Buka file tersebut dengan mengklik 2 kali. Karena tadi sudah menginstall aplikasi torrent, jadi file ini bisa langsung terbaca oleh uTorrent atau BitTorrent. Tadi saya sudah bilang kalau saya menggunakan BitTorrrent, maka yang keluar seperti dibawah ini. Disitu ada nama file yang akan didownload, dan jangan lupa untuk mengingat dimana letak download-annya. Jika sudah yakin semua, klik OK
    Klik untuk perbesar gambar
  7. Selamat! Kalian berhasil mendownload Film Harry Potter menggunakan Torrent. Tunggu saja hingga proses downloadnya selesai. Kalian juga bisa me-resume download-an seandainya belum selesai. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *