Makna Harga Diri dalam Pergaulan Bermasyarakat dan Bernegara

Manusia mempunyai harga diri yang tinggi dan kelebihan dari makhluk lain. Harga diri dan martabat setiap manusia adalah sama. Namun, manusia yang tinggi derajat dan harga dirinya adalah orang-orang yang berbuat sesuai dengan ajaran agama (termasuk golongan orang yang beriman). Setiap manusia mempunyai harga diri karena setiap manusia memiliki martabat dan hak dalam kehidupan bermasyarakat serta memiliki tingkatan/derajat yang tidak sama satu sama lain. Jadi harga diri adalah kesadaran akan berapa besar nilai yang diberikan.

  1. Hakikat Harga Diri Manusia
    1. Secara kodrat sebagai insan Illahi
    2. Sebagai makhluk Tuhan, manusia merupakan makhluk tertinggi derajatnya daripada makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Oleh Tuhan, manusia diberi kelebihan akal, perasaan dan kehendak (cipta, rasa dan karsa). Manusia memiliki akal, sehingga manusia dapat melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh makhluk lain, misalnya: Membuat jalan raya, membuat gedung yang megah, membuat alat-alat untuk memasak makanan yang enak
    3. Sebagai Insan Sosial Budaya
    4. Sebagai makhluk sosial manusia selalu berusaha untuk hidup bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat harus dilandasi adanya saling pengertian di antara sesama anggota masyarakat. Setiap orang yang hidup di dalam masyarakat mempunyai kesadaran untuk saling menghormati kepentingan orang lain dan mempunyai kesadaran untuk bertanggung jawab atas kerukunan hidup bermasyarakat. Untuk itu sebagai warga masyarakat kita harus menyesuaikan diri agar mampu menempatkan diri sebagai pribadi yang mempunyai harga diri, sehingga tidak terjadi kepincangan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan masyarakat.
    5. Sebagai Insan Sosial Politik
    6. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bangsa Indonesia memiliki integritas sikap atau jati diri dan nilai kepribadian yang tidak mudah digoyahkan oleh pengaruh, tekanan dan ancaman dari luar atau pengaruh globalisasi yang berakibat merendahkan martabat dan harkat bangsa Indonesia, kesemuanya itu disebabkan karena Pancasila sebagai kepribadian bangsa sudah berurat berakar di dalam kebudayaan  dan hati nurani bangsa Indonesia.
  2. Hak dasar atau Asasi manusia dalam Tugas dan Kewajiban
    Setiap orang harus dapat menjaga diri. Untuk menjaga harga diri, setiap orang wajib melakukan kewajiban, antara lain
    1. Bekerja keras
    2. Patuh pada peraturan yang berlaku dimanapun berada
    3. Melangsungkan pembangunan untuk memperbaiki martabat bangsa
  3. Kepribadian atau jati diri bangsa dan negara Indonesia
  4. Pancasila sebagai dasar negara merupakan kepribadian bangsa yang memberikan pedoman kehidupan bermasyarakat berdasarkan semangat kekeluargaan untuk mencapai adanya 3S (Serasi, Selaras, dan Seimbang). Maka dari itu bangsa Indonesia harus dapat melakukan hal-hal berikut:
    1. Menjadi tetangga yang baik bagi bangsa lain
    2. Bekerja sama dengan bangsa lain
    3. Saling menghormati bangsa lain
    4. Tidak merendahkan derajat, harkat dan martabat bangsa lain

One thought on “Makna Harga Diri dalam Pergaulan Bermasyarakat dan Bernegara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *