Sejarah Perkembangan Akuntansi

Perkembangan akuntansi dari sistem pembukuan berpasangan

Sebelum manusia mengenal arti nilai suatu barang, pemenuhan kebutuhan dilakukan dengan tukar-menukar barang tanpa memperhatikan nilai suatu barang (Innatura) dan pencatatan kekayaan belum diperlukan.
Manusia melakukan tukar-menukar barang dengan memperhatikan nilai barang(barter) memerlukan pencatatan perhitungan harta kekayaan (Akuntansi). Pencatatan awal dilakukan diatas batu, kulit kayu dan tanah liat. Pencatatan telah dilakukan berabad-abad sebelum masehi, seperti di Babilonia, Mesir dan Yunani Kuno.
Pencatatan yang lebih lengkap sejalan dengan perkambangan dunia usaha, muncul dikota Venesia, Italia. Seorang biarawan pakar matematika yang bernama “Lucas Paciola” atau “Luca Paciola” pada tahun 1994 menerbitkan buku yang berjudul “Summa De Arithmatica”, “Geometrica” dan  “Proporpioni Et Proportio Nalita”. Buku itu yang pertama memuat dasar-dasar akuntansi. Pada waktu itu terdapat subjudul “Traciatus De Computies Et Screptoria” yang membahas secara khusus dasar-dasar akuntansi. Sub itu dikembangkan menjadi tulisan yang khusus membahas akuntansi dengan diberi judul “La Scoula Perfecta De Mercantri” dan diterbitkan oleh penerbit “Paganini”. Karena tulisannya itu, Lucas Paciolo dijuluki Bapak Akuntansi. Ciri mendasar sistem akuntansi yang dikemukakan Lucas adalah sistem berpasangan (double Entry) yaitu pencatatan peristiwa ekonomi dalam dua aspek, debet dan kredit.
Pengertian akuntansi secara umum adalah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dalam perusahaan sehingga dimungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas buat mereka yang menggunakannya.
Tujuan akuntansi secara umum adalah memberikan infrmasi keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukan. Pihak-pihak yang memerlukan antara lain:
Perusahaan: PT, CV, Koperasi dll
Swasta: PT, CV, Firma dll
Pemerintah: PAM, PLN dll
Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan onformasi ekonpmi dari suatu perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Manfaat dan kegunaan akuntansi:
1. Untuk dasar pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan dunia usaha.
2. Alat pertanggung jawaban keuangan.
3. Penggantian ingatan manusia yang terbatas.
Fungsi akuntansi adalah untuk menyediakan informasik keuangan yang bersifat kuantitatif yang berguna untuk penilaian dan pengambilan keputusan mengenai perusahaan yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *