Bersatunya Jerman

1. Jerman Pasca-Perang Dunia II
Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II memaksa Jerman harus menandatangani perjanjian dengan sekutu yaitu Perjanjian Potsdam, 2 Agustus 1945. Salah satu isi perjanjian tersebut menyebutkan bahwa wilayah Jerman dibagi menjadi 4 wilayah pendudukan, yakni bagian timur oleh Uni Soviet dan bagian barat oleh Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat. Kota Berlin dibagi menjadi 4 bagian, yakni Berlin Timur oleh Uni Soviet, dan Berlin Barat oleh Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.
Jerman Timur yang berada di bawah pengaruh Uni Soviet kemudian menjadi komunis dengan nama pemerintahan republik Demokrasi Jerman 7 Oktober 1949 yang beribu kota di Berlin Timur. Sedangkan Jerman Barat yang berada di bawah pengaruh Inggris, Perancis dan Amerika Serikat dipersatukan menjadi negara republik Federal Jerman yang beribu kota di Bonn (23 Mei 1949).
Dalam perkembangannya antara Jerman Barat dengan Jerman Timur terdapat banyak perbedaan. Di Jerman Barat masyarakat mendapat kebebasan, sedangkan di Jerman Timur masyarakat dikekang hak-haknya. Pertumbuhan ekonomi di Jerman Barat cepat karena menganut ekonomi komunis. Karena perbedaan-perbedaan yang cukup mencolok ini mengakibatkan timbulnya rasa iri dari masyarakat Jerman Timur. Sikap demikian menimbulkan rasa tidak percaya rakyat terhadap pemerintahan komunis Jerman Timur.
2. Latar belakang yang mendorong Jerman bersatu
Ada beberapa peristiwa yang mendorong Jerman Barat dan Timur bersatu, antara lain sebagai berikut.

  1. Pemerintah Jerman Timur yang komunis mengekang kehidupan rakyat
  2. Keadaan ekonomi Jerman Timur semakin tidak menentu akibat sistem ekonomi komunis yang tertutup
  3. Kemajuan Jerman Barat yang semakin pesat menimbulkan rasa iri masyarakat Jerman Timur, hal ini mendorong mereka untuk bergabung dengan Jerman barat.
  4. Adanya perkembangan hak asasi manusia yang tidak dapat lagi ditutup-tutupi.
  5. Dikumandangkannya politik glasnost dan perestroika oleh Mikhail Gorbachev, dapat mempercepat keterbukaan dan pembaruan khususnya di Jerman Timur.
  6. Sistem komunis tidak mampu lagi menjawab tantangan zaman, sehingga mereka menginginkan sesuatu yang baru.
  7. Adanya kunjungan para pejabat Jerman Timur ke Jerman Barat yang kemudian dibalas kunjungan pejabat Jerman Barat ke Jerman Timur. Hal ini mengurangi ketegangan antara keduanya serta mempererat hubungan Jerman Timur dengan Jerman Barat.
  8. Dibukanya kembali tembok Berlin 9 November 1989
  9. Uni Soviet merestui pernyatuan Jerman.

3. Proses bersatunya Jerman
Bersatunya Jerman diawali dengan adanya berbagai peristiwa yang mempercepat dan mendorong Jerman bersatu. Namun yang sangat menentukan adalah pertemuan Dua Plus Empat yaitu dua terdiri atas PM Jerman Barat dan Pemimpin Jerman Timur. Empat adalah negara-negara yang memiliki pengaruh langsung di Jerman, yaitu Uni Soviet, Amerika Serikat, Inggris dan Perancis. Hasil pertemuan Dua Plus Empat yaitu menyepakati usaha penyatuan Jerman. Pada pembicaraan terakhir di Uni Soviet tanggal 12 September 1990 ditandatangani naskah penyatuan Jerman. Tanggal 3 Oktober 1990 resmi dinyatakan Jerman bersatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *