Kedatangan Jepang di Indonesia

Perang Asia Pasifik yang diawali dengan serangan Jepang terhadap pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbor pada tanggal 7 Desember 1941 menyebabkan negara-negara sahabat Amerika Serikat (Inggris, Prancis, Belanda, dan Australia) menyatakan perang terhadap Jepang.
Dengan serangan kilat dan dalam waktu singkat, Jepang berhasil menguasai kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. Angkatan udara Jepang mempunyai peranan penting sebagai kekuatan pembuka jalan untuk menguasai tempat-tempat dengan jalan membom. Daerah yang dikuasai Jepang diantaranya Indocina, Malaya, Filipina. Jepang pertama kali mendarat di Indonesia pada 10 Januari 1942 di kota Tarakan, selanjutnya menduduki Minahasa, Makassar, Balikpapan, Ambon, Pontianak, Banjarmasin, Palembang dan Bali.
Pada tanggal 1 Maret 1942 Jepang mendarat di Jawa (Banten, Indramayu, Bojonegoro) hingga pertahanan Belanda di Indonesia dapat dipatahkan. Pada tanggal 8 Maret 1942, Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Jawa Barat. Dalam penyerahan kekuasaannya, pihak Belanda diwakili oleh Letjen Teer Porten yang disaksikan Gubernur Jenderal Belanda Tjorda Van Stackenbourg kepada panglima perang Jepang Jenderal Hitosui Imamura. Maka sejak adanya perjanjian Kalijati tanggal 8 Maret 1942 kekuasaan Belanda di Indonesia telah berakhir dan dimulailah kekuasaan Jepang di Indonesia.
Tujuan Jepang menguasai Indonesia diantaranya Indonesia dijadikan basis pertahanan terdepan di Pasifik; Indonesia dijadikan tempat memperoleh sumber bahan mentah bagi industri perangnya; eksploitasi secara besar-besaran sumber kekayaan alam Indonesia dan sumber tenaga manusia untuk kepentingan perang melawan sekutu.edatangan Jepang disambut gembira oleh bangsa Indonesia karena Jepang membawa propaganda akan membebaskan bangsa Asia dari belenggu penjajahan barat. Untuk menarik simpati bangsa Indonesia, Jepang memberikan pernyataannya sebagai berikut:
  1. Indonesia dan Nippon (Jepang) kedudukannya sederajat.
  2. Jepang saudara tua bangsa Indonesia.
  3. Jepang akan memimpin Asia untuk membangun Asia Timur Raya.
  4. Bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya boleh dikibarkan dan dinyanyikan berdampingan dengan bendera Jepang (Shinomaru) dan lagu kebangsaan Jepang (Kimigayo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *