Dua Lautan yang Tak Menyatu

Baru dapat kiriman gambar di Facebook. Dia sudah lama ingin gambar tersebut, dan baru kali ini baru bisa dimiliki. Dan tak lupa dia mengutip kitab suci Al-Qur’an dalam postingannya yang memang sangat sesuai dengan fenomena alam tersebut. 

Dia membiarkan dua lautan mengalir yg keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yg tidak dilampaui masing-masing. Maka nikmat Tuhan kamu manakah yg kamu dustakan?” (Q.S. Ar-Rahman:19-21)

“Dan Dialah yg membiarkan 2 laut yg mengalir (berdampingan); yg ini tawar lagi segar & yg lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yg menghalangi” (QS. 25:53)

Dua lautan yg tidak bercampur itu terletak di Selat Gibraltar, selat yg memisahkan benua Afrika & Eropa, tepatnya antara negera Moroko & Spanyol.

Lalu bagaimana fenomena alam itu menurut ilmu pengetahuan?
Secara ilmiah, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena kandungan dari air laut keduanya berbeda. Seperti air dan minyak. Begitu pula dengan air laut tersebut, keduanya memiliki kandungan yang berbeda satu dengan yang lain, seperti kepadatan, suhu, salinitas (tingkat kadar garam). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *